Cara upload foto ke facebook melalui HP/ponsel

Bukan maksud menggurui karena saya sendiri masih belum banyak tau. Tapi karena banyak diantara teman-teman yang bertanya bagaimana memasukkan foto ke facebook melalui ponsel maka saya akan mencoba menjelaskan prosesnya secara detail melalui artikel ini. Dari pada repot ke warnet bagi yang tidak memiliki PC mending anda memasukkannya melalui ponsel.Yang pertama anda lakukan ialah pastikan ponsel anda support JSR-75. Karena hanya ponsel jenis ini yang bisa dipakai untuk meng-upload file dari ponsel ke web melalui aplikasi web browser pada ponsel anda. Rata-rata ponsel keluaran terbaru sekarang support JSR-75 tapi untuk pengguna ponsel nokia symbian os60v1 dukungan ini tidak tersedia.
Agar apa yang saya tulis dapat dipahami saya sarankan ponsel anda harus mempunyai aplikasi web browser Operamini 4.2 karena proses yang akan saya jelaskan yaitu melalui Operamini. Sebenarnya ada banyak aplikasi web browser yang bisa dipakai seperti Bolt dan Ucweb tapi yang umum dipakai ialah Operamini. Semua aplikasi tersebut dapat anda download di blog saya ini.
Setelah ponsel dan aplikasi mendukung silahkan ikuti petunjuk saya berikut :

* Pertama silahkan buka Operamini 4.2 dan terlebih dahulu setting pengaturannya dengan cara menekan ''Menu'' >> ''Tools'' >> ''Settings'' >> ''Mobile View'' (Kasih tanda centang dalam kotak pada menu ini) dan jangan lupa ''Save''. Tujuan pengaturan ini agar aplikasi Operamini anda memakai tampilan ''Mobile View'' bukan ''Desktop View''. Sebenarnya masalah tampilan ini tergantung selera anda tapi untuk mengikuti petunujuk saya anda harus memakai ''Mobile View''

* Berikutnya silahkan anda masuk halaman utama facebook melalui alamat URL http://www.facebook.com. Setelah halaman terbuka silahkan anda login dahulu ( tidak login juga tidak apa ). Lalu anda arahkan kursor ke halaman paling bawa disitu ada menu ''Situs Lengkap'' dalam bahasa Indonesia atau ''Full Site'' dalam bahasa Inggris.
Alasan kenapa anda harus mengarahkan ke ''Situs Lengkap'' karena halaman ini layaknya tampilan PC jadi selain anda bisa meng-upload foto pada halaman ini anda juga bisa melakukan pengaturan-pengaturan lainnya sebagaimana melalui PC.

* Setelah halaman terbuka silahkan anda login dengan memasukkan email dan password anda pada tempat yang tersedia. Berikutnya klik menu ''Profile'' pada halaman atas maka halaman utama profile anda akan tampil dengan bidang foto yang masih kosong (apabila belum ada foto).

* Berikutnya klik bidang foto yang masih kosong atau foto profile anda apabila sudah ada, maka akan muncul halaman berikut dan silahkan cari menu ''Ganti foto profile'' (Cari dengan teliti sampai ketemu). Dengan meng-klik menu ini maka akan tampil halaman berikutnya dimana terdapat kolom untuk meng-upload atau meng-unggah file yang anda simpan di ponsel baik yang ada dalam memory telepon atau memory external.

* Pada halaman ini silahkan anda klik pada kolom ''unggah file'' yang tersedia dan ikuti arahan browser anda menuju file-file yang anda simpan sepertinya halnya anda mengupload foto pada firendster atau yang lainnya. Setelah gambar yang akan anda upload/unggah siap jangan lupa anda beri tanda ''centang'' pada kotak persyaratan bahwa anda mempunyai hak dan bertanggung jawab atas file yang akan anda upload (Hal ini bertujuan untuk menghindari file-file spam).

* Terakhir silahkan klik ''Unggah File'' maka foto anda sekarang terpampang di profile anda. Apabila gagal silahkan coba sampai berhasil karena banyak banyak faktor yang bisa menyebabkan seperti :
- Koneksi GPRS yang kurang stabil
- File yang dimasukkan terlalu besar
- Extensi file yang tidak didukung
- Lupa memberi tanda centang pada kotak persyaratan
- Fotonya kurang cakep atau cantik ( Yang ini Just Kidding.....Hehehe...)


*** Catatan : Untuk meng-upload file sebenarnya bisa dilakukan pada ''Mobile View'' ataupun ''Desktop View'' terserah anda.
Apabila ada yang kurang jelas silahkan hubungi saya.
Silahkan dicoba !!!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara mudah membuat screenshot

Download Al-qur'an jar

Oli Total Hi-Perf