Cara mengatasi GoogleUpdate.exe Error

Berikut penjelasan mengenai masalah update server not available [error: 3]ketika update Google Chrome.
Penyebab munculnya update server not available [error: 3] saat update Google Chrome
Menurut support Google Chrome, error: 3 saat melakukan update Google Chrome terjadi karena Google Chrome gagal berkomunikasi dengan Google Update. Ada dua penyebab terjadinya error ini yaitu:
  1. Google Update (GoogleUpdate.exe) yang berfungsi melakukan update Google Chrome tidak teregister ke system dengan baik.
  2. Bagi Anda pengguna Windows 7 atau Windows Vista mungkin saja telah mengatur Google Chrome agar selalu run as administrator.
Namun setelah saya pelajari kemungkinan besar penyebabnya adalah hanya pada poin pertama yaitu oleh karena Google Update (GoogleUpdate.exe) yang berfungsi melakukan update Google Chrome tidak teregister ke system dengan baik. Kenapa saya beranggap seperti itu? Sebab setelah saya coba menjalankan Google Chrome dengan cara run as admninistrator, Google Chrome masih bisa saya update.
Cara mengatasi update server not available [error: 3] saat update Google Chrome
Seperti yang saya sebutkan tadi, kemungkinan penyebab terbesar google chrome mengalami [error:3] saat update adalah karena Google Update tidak teregister dengan baik. Untuk mengatasinya Anda bisa mencoba solusi berikut:
  1. Pertama coba buka Windows Explorer. Kemudian buka folder pada path berikut:
    C:\Users\USERNAME_ANDA\AppData\Local\Google\Update\ (untuk Windows 7 dan Vista)
    C:\Documents and Settings\USERNAME_ANDA\Local Settings\Application Data\Google\Update\ (untuk Windows XP)
    Catatan:
    • Ganti huruf C dengan huruf drive tempat Windows Anda terinstal. Misalnya Windows Anda terinstall di drive D:, maka pathnya menjadi:
      C:\Users\USERNAME_ANDA\AppData\Local\Google\Update\
    • Ganti USERNAME_ANDA dengan Username yang Anda gunakan di komputer. Misalnya seperti saya menggunakan username Adit, maka path-nya menjadi:
      C:\Users\Adit\AppData\Local\Google\Update\
  2. Periksa pada folder yang saya disebutkan diatas, apakah Anda menemukan file bernamaGoogleUpdate.exe atau GoogleUpdateOnDemand.exe.




  3. Jika tidak ada, solusinya adalah Anda harus menginstall ulang Google Chrome.
    Jika file ini ada, lanjutkan ke langkah ke-3.
  4. Jika file GoogleUpdate.exe atau GoogleUpdateOnDemand.exe ada pada direktori yang saya sebutkan pada poin 2 tadi, mungkin saja key Google Update di registry hilang. Untuk itu lakukan langkah berikut:
    • Buka Registry Editor dengan cara klik Start » Run. Ketik “regedit” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter.
    • Di jendela Registry Editor buka path:
      HKEY_CLASSES_ROOT\CLSID\{2F0E2680-9FF5-43C0-B76E-114A56E93598}\LocalServer32
    • Kemudian di jendela sebelah kanan lihat pada value Default. Isi dari value Defaultini seharusnya adalah path dari GoogleUpdate.exe atauGoogleUpdateOnDemand.exe. Contohnya, jika Anda pengguna Windows 7, isi dari value ini adalah:
      “C:\Users\USERNAME_ANDA\AppData\Local\Google\Update\GoogleUpdate.exe”
      (ganti USERNAME_ANDA dengan username yang Anda gunakan di komputer).


Jika value-nya tidak sesuai maka ganti value tersebut dengan path dariGoogleUpdate.exe atau GoogleUpdateOnDemand.exe dengan cara klik 2 kali (double click) pada value default tersebut. Pada jendela Edit String yang muncul isi dengan path dari GoogleUpdate.exe atau GoogleUpdateOnDemand.exe. Contohnya di komputer saya dengan username Adit dan file GoogleUpdate.exemaka value yang saya ini adalah:
“C:\Users\Adit\AppData\Local\Google\Update\GoogleUpdate.exe”.
Jangan lupa menyertakan tanda kutip di awal dan di akhir path. Selanjutnya klik OK.

Komentar

Posting Komentar

Beri komentar anda! Karena komentar anda sangat penting untuk perkembangan blog ini, komentar bernada spam akan segera saya hapus.

Postingan populer dari blog ini

Cara install/register file ocx

Download EmobileBlog Beta v3.2

Jasa SEO Murah